Perwira yang Di-Back up BG Lolos Seleksi Awal Capim KPK

Perwira yang Di-Back up BG Lolos Seleksi Awal Capim KPK

kompas.com
Panitia Seleksi Capim KPK 
Brigjen (Pol) Basaria Panjaitan lolos seleksi tahap awal calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Basaria adalah salah satu perwira tinggi Polri yang mendapat dukungan dari Wakil Kepala Polri Komjen Budi Gunawan untuk menjadi komisioner lembaga antikorupsi tersebut.
Menurut catatan kepolisian, Basaria adalah sarjana hukum Sepamilsukwan Polri angkatan 1983/1984. Jabatan di bidang reserse pertama dipegangnya saat ia menjadi perwira Unit Satuan Lidik Direktorat Reserse di Mabes Polri pada tahun 1990.
Kemudian, dia menjabat sebagai Kepala Bagian Reserse Narkoba Polda NTB (1997-2000). Karier di bidang reserse berlanjut pada tahun-tahun setelahnya. Tahun 2000-2004, Basaria menjabat sebagai Kepala Bagian Reserse Narkoba Polda Jawa Barat. Tahun 2006-2008, dia menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Polda Kepulauan Riau.
Pangkat bintang satu didapat ketika ia menjabat sebagai Kepala Pusat Provos Divisi Profesi dan Pengamanan Polri pada tahun 2009. Dia pernah memeriksa mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji soal pelanggaran kode etik. Tahun 2010 hingga saat ini, Basaria menjabat sebagai Widyaiswara Madya Sespim Polri.
"Kita nilai yang terbaik, yang pantas, yang matang, kemampuan aspek kompetensinya memadai dan bisa membangun sinergi yang baik. Dia (Basaria) bisa kok," ujar Budi Gunawan, di Kompleks Mabes Polri, Senin (22/6/2015) lalu.
Selain Basaria, ada dua perwira tinggi Polri lainnya yang lolos seleksi tahap awal calon pimpinan KPK. Mereka adalah Irjen Syahrul Mamma dan Kapolda Papua Irjen Yotje Mende.
Adapun dua purnawirawan Polri yang lolos seleksi tahap awal calon pimpinan KPK adalah Kombes (Purn) Basuki dan Irjen (Purn) Rudiard ML Tampubolon. Sebanyak 194 pendaftar calon pimpinan KPK lolos seleksi tahap awal. TRIBUNLAMPUNG.CO.ID

Komentar

Selamat pagi...