Badrodin Haiti Diharapkan Bisa Perbaiki Hubungan KPK-Polri

Badrodin Haiti Diharapkan Bisa Perbaiki Hubungan KPK-Polri
Plt Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti, SINDOPhoto.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengusulkan Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri menggantikan Komjen Polisi Budi Gunawan.

Anggota tim sembilan Imam Prasodjo berharap, Badrodin dapat melakukan perbaikan di Polri.

"Ya kita lihat jabatannya menjadi Kapolri, tidak hanya sekadar Plt. Kita dorong Pak Badrodin bisa lebih tegas dan lakukan pembenahan, perubahan di Polri dan bisa bekerja sama kembali dengan KPK," ujar Imam di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/2/2015).

Pasalnya menurut Imam, Badrodin juga harus merombak orang-orang yang diduga melakukan penyelewengan di Polri, misalnya Kabareskrim Komjen Budi Waseso.

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) telah melaporkan Budi Waseso ke Divisi Propam Polri pagi tadi, terkait penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto oleh penyidik Bareskrim.

Kontras menilai, ada penggunaan diskresi penyidik Bareskrim yang berlebihan ketika menangkap Bambang. Dia mencontohkan pemborgolan tangan meski Bambang sudah sangat kooperatif.

Selain itu, penangkapan Bambang juga tidak didahului dengan penyelidikan dan penyidikan melalui proses pemanggilan.

"Ya itu (penggantian Budi Waseso) salah satu yang harus kita lihat nanti," ungkap Imam.

Dengan begitu dia berharap Badrodin dapat kembali memberikan perbaikan di Lembaga Kepolisian dan penguatan kepada KPK.

Menurutnya, meski memiliki Plt namun kepemimpinan KPK adalah kolektif kolegial yang memerlukan dukungan dari Polri dalam memberantas korupsi.

"Kita lihat apakah Pak Badrodin Haiti bisa menjalankan tugasnya dengan baik mengembalikan hubungan antara Polri dengan KPK," tandasnya.


(http://nasional.sindonews.com)

Komentar

Selamat pagi...