Polisi Air Sukses Bangun Usaha Pondok Sepur

 Polisi Air Sukses Bangun Usaha Pondok Sepur
BEKERJA sambil membangun usaha tidak semudah, seperti yang digambarkan. Dibutuhkan ketekunan, kerja keras dan fokus agar usaha yang dibangun berkembang.

Hal inilah yang dilakukan Agus Sumarsono, seorang Polisi Air di Kota Jambi. Dalam waktu kurang dari 2 tahun, dia berhasil membangun usaha kuliner dengan brand Pondok Sepur. Produk makanannya tersebut digandrungi konsumen dari berbagai kalangan.

"Enggak masalah kan polisi air berwirausaha? Seperti pondok yang saya punya sekarang," ujar Agus, saat berbincang dengan Sindonews di acara Oneintwenty, Jambi, Sabtu (6/12/2014)

Dia mengungkapkan, Pondok Sepur itu artinya Pondok Semarang-Purwodadi, perpaduan dari asal kampung saya dan istri.

"Kalau ibarat sepur itu kan Kereta. Itulah yang menjadi insipirasi saya membangun rumah makan yang berdiri di atas kolam," imbuhnya.

Meski baru berdiri sekitar 14 bulan di Jambi, namun Pondok Sepur selalu ramai didatangi pengunjung. Terlebih di Jambi jarang ada pondok makanan ayam. Kalaupun ada, bumbu ala Padang.

"Di sini, etnis Tionghoanya banyak, dan mereka suka dengan yang berbau fresh. Mereka enggak mau dengan ayam atau ikan bumbu padang yang banyak bumbunya. Maka saya coba masuk dengan menu andalan ayam, ikan bakar dan goreng dengan harga yang lebih murah dari kaki lima," ungkap Agus.

Bermodal awal Rp350 juta, penghasilan pada hari biasa Rp8-10 juta. Sementara pada akhir pekan bisa mencapai Rp25 juta.

Dalam usahanya ini, Agus mampu menekan harga Rp15.000 sesuai dengan kantong masyarakat di sana.

"Murah kan? Malah lebih murah dari kaki lima. Ayamnya pun saya pakai ayam pejantan dan diambil langsung dari penjual yang langsung terhubung ke peternak. Dengan harga segitu, pondok saya insya Allah bisa bersaing dengan yang lain," paparnya.

Meski, profesinya sebagai polisi air, Agus tidak takut membagi waktu antara tugas utama dan usahanya. Menurutnya, otak tidak boleh dimanja.

"Otak itu enggak boleh dimanja. Harus terus bergerak, bekerja. Bisa saja kita bekerja dua hal sekaligus. Itu membuat otak kita jadi terasah. Asalkan kita fokus dengan apa yang kita jalani," terangnya.

source: http://ekbis.sindonews.com/read/933815/36/polisi-air-sukses-bangun-usaha-pondok-sepur-1417856101

Komentar

Selamat pagi...