Lewat Spotify, Polisi AS Sukses Lacak Buronan


Lewat Spotify, Polisi AS Sukses Lacak Buronan
Jakarta - Pesatnya perkembangan teknologi turut dirasakan manfaatnya oleh penegak hukum. Sebagai contoh, dengan teknologi, melacak buronan bisa lebih mudah. Bahkan dengan cara yang tak diduga, yakni via layanan streaming musik.

Cara unik nan ampuh ini nyatanya dilakukan oleh pihak berwajib Amerika Serikat dalam mencari Brittany Nunn yang kabur bersama dengan suami barunya Peter Barr, dari tempat tinggalnya di Wellington, Colorado. Tak sekadar kabur, mereka turut membawa dua anak perempuan Nunn dari suami terdahulunya, Eden Marie Nunn dan Gemalynne Nunn.

Usut punya usut, Brittany Nunn ternyata kalah dalam persidangan hak asuh anak dengan mantan suaminya. Meski pengadilan telah menyatakan hak asuh jatuh kepada pihak ayah, namun Nunn ternyata tak mengindahkan keputusan pengadilan dan membawa kabur kedua anaknya.

Tak mau ambil pusing, mantan suami Nunn pun menyewa detektif untuk melacak keberadaan mantan istri dan suami barunya. Setelah dilakukan pencarian selama tujuh bulan dengan melibatkan aparat di beberapa negara bagian, akhirnya keberadaan Nunn terlacak.

Dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (14/7/2015), pasangan buronan itu berhasil dilacak melalui layanan streaming Spotify. Dengan membawa surat perintah penangkapan, pihak berwajib mendatangi kantor Spotify dan meminta bantuan untuk melakukan pelacakan.

Berdasarkan laporan Spotify, melalui alamat IP yang digunakan oleh kedua pasangan buronan itu diketahui tengah berada di Meksiko. Tak cukup dengan bantuan Spotify, kepolisian kemudian meminta bantuan dari Netflix yang ternyata membuahkan hasil sama.

Tanpa membuang-buang waktu lagi, bersama dengan kepolisian setempat agen federal langsung menyatroni alamat yang dituju dan membawa pulang Nunn dan suami barunya bersama dengan dua anak perempuannya ke Amerika Serikat.

Komentar

Selamat pagi...