Melihat dimensi kaki-kakinya sudah pasti bukan milik Yamaha Scorpio atau yang lainnya. Dan tidak mungkin pihak kepolisian meng-upgrade kaki-kakinya sampai seperti itu. Kalau sekedar windshield ya masih mungkin lah, pasti kita pernah menjumpai Yamaha Scorpio, Honda Tiger, atau Suzuki Thunder milik kepolisian yang dilengkapi windshield. Beralih ke bentuk bodi, tangki sangat tidak familiar dengan motor yang berkeliaran di Indonesia, termasuk jok dan bodi belakang.
Coba lihat mesinnya. Dimensi yang besar dan bentuk crankcase yang jarang dilihat, membuat makin penasaran. Sedikit ke depan, ada 4 pipa header yang mengisyaratkan ini adalah motor 4 silinder, ditambah lagi kembali melirik ke bawah, lebih detail lagi roda depan dikawal 2 buah piringan rem dan di belakang cukup 1 buah. Wow! Ternyata penyaluran daya ke roda belakang menggunakan sistem gardan. Ngga main-main nih moge.
Ya, inilah Yamaha XJ900P. Tapi jangan salah, Walaupun gede, motor ini cukup enteng diajak manuver, juga stabil dan sangat nyaman dikendarai. Beberapa polwan di Jakarta pun sudah lincah mengendalikan motor ini. Bahkan di salah satu SMA di Surabaya, pihak kepolisian sempat "membawa" motor ini ke sekolah itu dan ada salah satu siswa yang memberanikan diri mencoba mengendarainya, sementara beberapa siswa siswi yang lain hanya membonceng saja.
XJ900P adalah keluarga dari XJ Diversion. Nama 900 menunjukkan kapasitas mesin yang sekitar 900cc. Dan huruf P di belakang namanya mengacu pada kependekan dari “Police” atau “Polisi”. Nah karena ini khusus dirancang untuk polisi, maka selain dari fasilitas pengawalan yang sudah disebutkan di atas, ada juga kotak pipih kecil di ujung buritan. Kotak itu adalah tempat khusus untuk surat tilang.
Selain stabil, motor ini juga sangat bertenaga seorang Polisi Patroli kita pun punya kisah. “Pernah dulu waktu ada balap liar di Asia-Afrika, patroli mobil untuk mengejar mobil, patroli motor untuk mengejar motor. Waktu itu pukul 11 malam. Saya berhenti di lampu merah Asia-Afrika. Tiba-tiba dari arah Koni, pintu satu, lewat motor lagi trek-trekan, lari jauh kira-kira sudah sampai lebih kurang 80 meter. Setelah itu, baru saya start. Belum sampai pintu 9, sudah saya jejerin. Begitu saya suruh minggir, dia kaget. Saya juga kaget, kok bisa nguber. Asumsi saya, ini enggak bakalan ke uber karena saya pikir, motor-motor anak-anak ini kan sudah dioprek-oprek jadi kenceng bener . itu belum termasuk modal nekat,” ungkapnya.
Nih Spesifikasi dari motor polisi negara kt
Quote:Original Posted By Spek Motor
Yamaha XJ900P
TECHNICAL SPECIFICATION
Manufacturer (Make) Yamaha
Model Name XJ 900 P Diversion
Year 1999
Category(class) Touring
Engine
Engine Capacity (Displacement) 892 ccm (54.43 cubic inches)
Engine Type inline, 4 cylinders
Bore x Stroke Ø68.5 mm x 60.5 mm (Ø2.7 inches x 2.38 inches)
Bore/Stroke Ratio 1.13
Stroke 4
Valves per Cylinder 2
Starter System Electronic
Cooling System Air
Powertrain
Gearbox 5 speed
Chassis/Suspension/Brakes
Front Suspension Travel 140 mm (5.51 inches)
Rear Suspension Travel 110 mm (4.33 inches)
Front Brakes Dual disc
Front Brakes Diameter Ø320 mm (Ø12.6 inches)
Rear Brakes Single disc
Rear Brakes Diameter Ø245 mm (Ø9.65 inches)
Front Tire 120/70-17
Rear Tire 150/70-17
Dimensions
Seat Height 795 mm (31.3 inches)
Wheelbase 1505 mm (59.25 inches)
Curb Weight 280 kg (617 lb)
Weight Distribution (front - rear) 46.8% - 53.2%
Fuel Capacity 24 litres (6.34 gallons)
Performance
Max Power 89.00 HP (65.0 kW) at 8250 RPM
Max Torque 83.00 Nm (61.03 ft*lbs) at 7500 RPM
Power/Weight Ratio 0.32 Hp/Kg
Top Speed 202 km/h (125mph)
Acceleration (dart, speedup) time
0-100 km/h 5 seconds
0-60 mph 4.8 seconds
# 1/4 mile -
# 60 to 140 km/h, highest gear -
Fuel Consumption 6.4 litres/100km (36.73 mpg)
(http://www.semprotin.com)
Komentar
Posting Komentar